PMB BOGOREDUCARE Informasi Penerimaan Mahasiswa Baru Bogor EduCARE

Pertanyaan yang sering diajukan (FAQ)

  • Apakah Bogor EduCARE (BEC) itu?
    BEC adalah lembaga pendidikan di bawah Yayasan Peduli Pendidikan Mandiri yang menyediakan kuliah BEASISWA PENUH bagi lulusan SMA/SMK/MA/Paket C/ sederajat yang tidak mampu secara keuangan untuk melanjutkan kuliah.
  • Apakah yang dimaksud dengan BEASISWA PENUH?

BEASISWA PENUH adalah mahasiswa tidak membayar uang pendidikan (uang SPP/semester, uang SKS, uang Gedung, uang praktek dsb) dari mulai masuk kuliah sampai dengan lulus. Mahasiswa hanya memenuhi biaya untuk keperluan pribadinya.

  • Kenapa bisa BEASISWA PENUH, darimana dana operasional BEC?

Sumber pendanaan BEC dari CSR (Corporate Social Responsibility) PT BUKAKA Group, dan dari para donatur (Zakat, Infaq, Shodaqoh, Wakaf)

  • Jurusan apa saja yang ada di BEC?
    Saat ini hanya terdapat jurusan Administrasi Bisnis (Bussines Administration).
  • Apa saja yang dipelajari di BEC dan berapa jumlah sks-nya?
    Materi yang dipelajari dengan sistem paket, yaitu: Bahasa Inggris, Administrasi, Komputer, Soft skill/Pengembangan Diri. Ada 120 SKS sampai dengan lulus.
  • Berapa Waktu tempuh kuliah sampai lulus?
    Waktu yang di tempuh untuk menyelesaikan teori adalah 1 (satu) tahun dibagi dalam 3 cawu, dilanjutkan Praktek Industri (PI) di perusahaan swasta nasional selama 2 bulan dan penyusunan laporan serta ujian PI selama 4 bulan.
  • Apakah di BEC ada kuliah Sabtu-Minggu, bagaimana waktu belajarnya?
Waktu belajar di BEC hari Senin - Jum'at, masuk pukul 08.00-16.00. Sabtu-Minggu Libur, jadi tidak ada kuliah Sabtu-Minggu.
  • Gelar/Titel apakah yang didapatkan setelah lulus dari BEC?
    Untuk saat ini BEC tidak memberikan gelar apapun, karena statusnya masih non-degree. Lulusan BEC akan mendapatkan Sertifikat tanda kelulusan dan Transkrip Nilai dari mata kuliah yang sudah dipelajari.
  • Apakah Lulusan BEC ada ikatan dinas?

BEC tidak ada ikatan dinas, BEC bersifat membantu membekali lulusan SMA/sederajat yang tidak mampu kuliah supaya bisa mandiri dan berhasil. BEC tidak ada ikatan apapun kepada alumni, keberhasilan lulusan BEC untuk diri mereka sendiri.

  • Apakah Lulusan BEC ada penyaluran kerja ?

BEC tidak menyalurkan kerja kepada lulusannya, tetapi biasanya ada perusahaan (terutama PT BUKAKA Group) yang meminta kepada BEC jika membutuhkan tenaga kerja.

  • Apakah BEC terkait dengan golongan atau politik tertentu?

BEC murni bersifat membantu, tidak ada ikatan golongan atau politik tertentu.

  • Apakah mahasiswa BEC di sediakan Asrama?
    Untuk saat ini asrama mahasiswa masih dalam tahap rencana. Biasanya mahasiswa yang dari luar kota menempati kos/kontrakan di lingkungan sekitar BEC, satu kontrakan bisa ditempati bersama-sama.
  • Sekali lagi, Apakah benar-benar tidak membayar biaya pendidikan sampai lulus ?
    Iya benar, mahasiswa hanya mencukupi untuk kebutuhan pribadi, misalnya : transportasi, kos/kontrakan, makan (makan siang disediakan oleh BEC), mengerjakan tugas, foto kopi.
  • Berapa kali Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) dalam satu tahun?
    Setiap tahun BEC menyelenggarakan PMB, biasanya dimulai pada bulan April. Informasi PMB bisa dilihat pada website http://pmb.bogoreducare.org
  • Berapa Mahasiswa yang diterima setiap tahun?
    Untuk saat ini sekitar 250-300 mahasiswa.
  • Apakah program ini hanya bagi yang tidak mampu?
    Iya Benar, program kuliah BEASIWA PENUH Bogor EduCARE ini hanya bagi lulusan SMA/sederjat yang tidak mampu melanjutkan kuliah karena alasan biaya.
  • Tes Tertulis materinya apa saja?
    Tes Bahasa Inggris, Tes Matematika Dasar, Tes Umum, Psikotes/Logika.
Comments (62) Trackbacks (0)
  1. assalamu’alaikum…
    apa umur 24 msh bisa..??
    trims.
    wassalam..

  2. apakah sistem tes tulisnya ada sistem minus atau tidak ?

  3. bismillah,,
    assalamu’alikum wr’wb
    salam super..
    subject: pendaftaran melalui kantor pos
    1). Alamat yg dituju?
    2). Persyaratan pendaftaran?

  4. asslmkm, sy berniat utk mendaftarkan anak sy, ternyata sdh lewat waktunya. Apakah ada penerimaan selanjutnya? wass

  5. slm sejahtera. saya ingin kuliah di BEC, apa masih bisa, umur saya sudah 24 thn, dan sy dr kluarga yng biasa saja. bpk sy hanya satpam. ibu, tdk bkrja. tinggal di bogor. dan BEC Ini DI atas pimpinan PT. BUKAKA TEKNIK UTAMA. di cileungsi yah. kebetulan saya bkrja di PT BUKAKA. di Divisi ” BOARDING BRIDGE (BRB)/ F.A.T.
    Saya INGIN mengembangkan potensi saya di komputer.
    dan saya bisa komputer OTODIDAK dr kcl. Dan Pernah Bkrja sbagai Staff I.T. Di PT. DOLARINDO / JAKARTA (JLN. Gajah Mada) http://www.dolarindo.com

  6. assalamualaikum
    klo kita berasal dari pesantren gmna
    trus jurusan kita keagamaan bisa ngga
    Syukroon Wassalamualaikum Wr Wb

  7. assalamualikum pak nmau tanya kalau ijasah blum di ambil apakah bisa mendaftar kuliah ddi tempat bapak,tapi kalau surat kelulusanya ada pak,terima kasih

    • Alaikumsalam wr wb.
      Surat kelulusan hanya untuk syarat sementara, syarat utamanya tetap harus ada Ijasah SMA/SMK/MA/sederajat.
      Terimakasih

  8. Assalmua’allaikum
    Mw tnya kak, umur akuh 19th lulusan 2011
    Akuh mw bgt kuliah tp orng tua g ada biaya, pekerjaan ortu cukup untuk mkn shri” ajh sm biayain adik” aku sklh..
    Akuh bs ikutan dftar gga utk angktn 2013 ?
    Sukron..

  9. assalamualaikum
    mau tanya bila mana saya belum memiliki izajah dari sekolah, apakah masih bisa menggunakan surat keterangan hasil kelulusan?
    lalu bagaimana bila telat mengikuti hasil test gelombang pertama? apakah bisa di ikuti gelombang kedua?

    • Alaikumsalam wr wb.
      Boleh menggunakan surat keterangan lulus terlebih dahulu, jika ijasah sudah ada bisa disusulkan.
      Untuk tes tertulis nanti silahkan konfirmasi kepada panitia pendaftaran.
      Terimakasih.

  10. assalamualaikum..
    mav mau nanya klo lulusan BEC trus kita nya pnya rejeki misal nya mau lanjut kuliah formal itu di lanjut apa dri awal lagi..?

    • Alaikumsalam wr wb. Pengalaman dari alumni BEC selama ini, nilai dari BEC ada yang bisa dikonversi ada yang tidak, tergantung dari tempat kuliah lanjutannya.

  11. assalamualaikum wr wb.

    kak q pgen bget bisa kuliah di Bec, q tggal di sumsel, bolehkah saya untuk mendaftar???
    sukron,. 🙂

    • Alaikumsalam wr wb.
      Silahkan mendafatar, BEC untuk seluruh warga negara Indonesia dimanapun ia berada.
      Saat ini juga ada mahasiswa yang dari Medan, Padang, Lampung dan daerah luar kota Bogor yang lainnya, walaupun memang hanya sedikit.

      • dan saya punya adik, dia baru lulus sekarang, rencana pengin daftar di bec, cuman tempat lumayan jauh, dari jawa tengah. apa ada tempat semacam asrama untuk mahasiswa yang jauh,,,
        syukron

        • Asrama baru proses pembangunan, biasanya yang dari luar kota ngontrak rumah bersama mahasiswa yang lain di pemukiman warga sekitar kampus BEC.

  12. dari bubulak ke BEC naik angkot apa aja?

  13. Assalamualaikum admin…
    kalo misalkan kita sudah diterima. itu prosses KBM nya dimulai dari tanggal berapa?
    syukron jazakallah khoiro

  14. assalamualaikum wr. wb.
    saya mau tanya apakah daftar ulang setelah tes seleksi harus datang langsung atau bisa lewat online? meninjau saya berasal dari luar kota.

    • Alaikumslam wr wb.
      Silahkan menghubungi panitia PMB melalui telepon. karena ketika daftar ulang harus mengisi form data tambahan.
      lebih baik jika ada yang mewakilkan.
      Terimakasih.

  15. assalamualakum ,saya clon peserta dari daerah sukabumi jampang tengah
    mau nanya kalau belum di survey ke rumah atau by phone ,kpan yh kak?
    trimkasih
    no peserta 0019

  16. assalamualaikum
    kak sya kmren udah dftar ulang tpi blum d survey
    saya dri daerah sukabumi jampang tengah
    apakah pasti d survey?
    mkasih

  17. assalamualaikum… min afwan, lw sistem kuliahnya gmna ya,,, sistim DO kagak???
    haturnuhun…

  18. saya berminat daftar ,, tapi gak bisa sambil kerja ya ? soalnya jadwal pembelajaran di BEC nya full senin sampai jumat dan dari pagi sampai sore ..

  19. Assalamualaikum wr.wb .. pa kalo misalkan umurnya masih 19th bisa ga pa,soalnya sya pengen kuliah tapi karna kondisi orang tua sy yang sudah tua dan sudah ga bisa membiayai buat saya kuliah sy pengen mencoba ndaftar di di Bogor educare. sukron

  20. assalamualaikum
    apakah ada nomor kontak (HP) yg bs dihubungi? terima kasih 🙂

  21. assalamualaikum pak apakah orang yang punya kekurangan/cacat bisa kuliah di BEC?
    Terima kasih

  22. assalamualaikum..
    usia saya 23tahun lulus 2010 apa masih bisa daftar kak.

  23. Saya mau tanya. Untuk ujian nasional khususnya untuk Sistem kelulusan tahun ini kan dengan lulus kriteria A : nilai 4 pelajaran minimal 5,5 .diatas 5,5 mendapatkan ijasah + SKHUN dan kriteria B : nilai dibawah apabila diantara 4pelajaran tersebut mendapatkan nilai dibawah 5,5 hanya mendapatkan ijasah dari sekOlah tanpa SKHUN alhasil mengikuti ujian susulan ditahun depan ,dan yg diujikan mata pelajaran yg dibawah 5,5 . Tidak bisa melanjutkan ke perguruan tinggi negeri. Bisa masuk perguruan tinggi swasta tapi tahun depan harus mengikuti ujian susulan,untuk mendapatkan SKHUN . yang saya mau tanyakan.
    Ketika seseorang ingin sekali belajar di BEC . Karna keterbatasan biaya untuk melanjutkan sekolah,tetapi nilai UN yg dia dapatkan masuk ke kriteria B apakah BEC bisa menerima? ?? Sedangkan SKHUN salah satu persyaratan untuk daftar. Mohon jawabanya 🙂 syukron .wassalam.

  24. Asslm wr.wb.
    Saya baru tau ada kuliah gratis dibogor untuk yg kurang mampu..setelah sy membaca saya berniat untuk daftar tapi tertera bulan juni sdangkan sekarang awal agustus ..masih bisakah saya daftar

  25. Saya mau tanya. Bogor EduCARE terdaftar di pangkalan data nggak yaa? Mungkin kalau univ biasanya terdaftar di PDPT. nah, BEC ini terdaftar dimana?

  26. Assalamu’alaikum..
    Saya mau tanya. Bogor EduCARE terdaftar di pangkalan data nggak yaa? Mungkin kalau univ biasanya terdaftar di PDPT. nah, BEC ini terdaftar dimana?

  27. Waktu kuliah hanya satu tahun? Lalu kita bisa melamar kerja dimana?

  28. saya mau mengirimkan berkas krna saya luar jabotabek, kemana saya harus mengirimkan berkas? bisa kah saya meminta kode pos atau alamat nya?

  29. untuk tahun 2016 ini, pada tanggal 17 Juni 2016, umur pas 22 tahun, apakah masih bisa diterima?

  30. Emang yang bisa masuk BEC harus pintar bahasa inggris ?

  31. Apakah ijasah paket c bisa kuliah disitu


Leave a Reply

No trackbacks yet.